UWM dan STTA Kerjasama Tingkatkan Daya Saing

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Widya Mataram (UWM) dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Yogyakarta menjalin kerjasama untuk meningkatkan daya saing. Penandatangan memorandum of understanding (MoU) dilakukan Rektor UWM, Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc dan Ketua STTA, Marsekal Muda TNI (Purn) Dr Ir Drs T Ken Darmastono, MSc di Kampus STTA, Jumat (20/9/2019).

Menurut Edy Suandi Hamid, kolaborasi antar perguruan tinggi (PT) sangat diperlukan untuk mendorong pengembangan dan daya saing. Sebab masing-masing PT memiliki satu keunggulan tertentu, namun masih kurang untuk bidang lain. Adanya kerjasama, perguruan tinggi dapat saling melengkapi.

Melalui kerjasama antar PT, kata Edy, akan terjadi interaksi yang saling menguatkan dan menguntungkan. Antar PT bisa saling kerjasama dan tukar menukar pengalaman dalam manajemen, sumber daya manusia (SDM), ataupun jaringan perpustakaan. “Kerjasama yang sangat luas bukan saja mengangkat secara riil kualitas PT, tetapi juga mengangkat citranya di masyarakat,” kata Edy.

Selain itu, lanjut Edy, PT bisa melakukan riset dan publikasi bersama, tukar menukar dosen, penyediaan sit-in class, pengabdian masyarakat, atau bentuk-bentuk kerjasama lainnya sesuai perkembangan dan kebutuhan PT yang bekerja sama. Sehingga akan meningkatkan daya saing perguruan tinggi.

Sementara Ketua STTA, Ken Darmastono menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari UWM. Ia mengharapkan kerjasama ini dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan yang lebih terperinci.

“Kami berharap bidang-bidang yang dimiliki bisa dikerjasamakan dengan UWM. UWM masih menjaga budaya Mataram, sehingga STTA ingin sekali turut memajukan budaya Mataram tersebut melalui teknologi,” kata Ken.

Saat ini, kata Ken, STTA sudah menjalin jaringan dengan perguruan tinggi luar negeri. Dia mengajak kerjasama tersebut dapat dimanfaatkan bersama antara STTA dan UWM dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

About The Author

Reply