Prodi Statistika UII Kerjasama dengan Cybertrend Intrabuana

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi Statistika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) dan PT Cybertrend Intrabuana menandatangani memorandum of understanding (MoU) Senin (22/7/2019). Penandatangan dilakukan Dekan FMIPA UII, Prof Riyanto SPd, MSi, PhD dan Nurul Mu’minah, Vice President Training Service Data Academy PT Cybertrend Intrabuana.

Dijelaskan Kepala Jurusan Statistika, Dr Edy Widodo, MSi, sebagai langkah awal, kerjasama diwujudkan dengan pelatihan bagi seluruh dosen Prodi Statistika. Training of trainer (TOT) ini dikemas dalam Workshop Data Engineering dan Data Visualization dan berlangsung di Laboratorium Prodi Statistika FMIPA UII, Senin-Selasa (15-23/7/2019).

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari Program Hibah Kompetisi Program Studi Tahun 2019 yang diselenggarakan Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII,” kata Edy Widodo di sela-sela pelatihan.

Sedang Nurul Mu’minah menjelaskan pelatihan ini terkait dengan pengembangan data science. Cybertrend Intrabuana dibangun untuk pelatihan untuk menciptakan talent sebagai data scientist. Selain perguruan tinggi, Cybertrend Intrabuana berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan, pemerintah dan lain-lain.

“Kerjasama ini untuk menciptakan talent-talent dari mahasiswa Statistika UII yang diharapkan nanti mereka akan diserap dunia industri. Kita fokus di data scient dan kita yang memberikan sertifikasi. Bahkan kita sudah memiliki sertifikasi internasional,” jelas Nurul.

Kali ini, kata Nurul, pihaknya sedang mentransfer pengetahuan tentang data scientist kepada dosen Statistika FMIPA UII. Dosen yang telah mengikuti pelatihan ini akan menyampaikan kepada mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa akan mengambil sertifikasi data scientist.

Tuti Purwaningsih, S Stat, MSi, dosen Jurusan Statistika yang mengkoordinir Workshop mengungkapkan animo peserta sangat tingi. Mereka antusiasme dan konsisten mengikuti workshop dari awal hingga akhir pelaksanaan.

Sesi pertama, kata Tuti, peserta belajar mengenai pemrograman dasar terkait MySQL serta alur dalam proses database. Selanjutnya, peserta memperdalam bagaimana mendevelop Datawarehouse dengan menggunakan Pentaho Data Integrator (PDI).

“Analisis Online Transaction Processing (OLTP) menggunakan MySQL. Selanjutnya diexport menggunakan PDI dan dianalisis atau dikenal dengan nama Online Analytical Processing (OLAP),” kata Tuti.

Sementara Dekan FMIPA Prof Riyanto mengatakan kerjasama ini tidak hanya berhenti pada MoU saja. Tetapi selanjutnya akan ada aktivitas seperti TOT, sertifikasi kompetensi mahasiswa dan lain-lain.

“Ini hal yang baik bagi Prodi Statistik. Sebab selama ini uji kompetensi Prodi Statistika agak susah. Di LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) UII tidak masuk. Sehingga ada kerjasama dengan Cybertrend ini cukup baik untuk mengetahui kompetensi mahasiswa Statistika FMIPA UII, terutama data scient,” kata Riyanto.

Selain itu, mahasiswa Prodi Statistika yang memiliki sertifikasi dapat digunakan sebagai pendamping ijazah. “Jika mahasiswa membawa sertifikat itu maka stakeholder lebih percaya bahwa mahasiswa Prodi Statistika FMIPA UII itu mempunyai kemampuan tentang data scient,” katanya.

About The Author

Reply