Mahasiswa PSPA UII Edukasi Penggunaan Obat

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker, Universitas Islam Indonesia (PSPA UII) memberi pendidikan terhadap siswa Taman Kanak-kanak (TK) tentang penggunaan obat. Sehingga siswa TK mengetahui kegunaan obat sejak dini.

Dijelaskan Humas Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII, Tuti Purwaningsih SStat, MSi, pendidikan terhadap siswa dilakukan 117 mahasiswa PSPA. Mereka dibagi menjadi 10 kelompok dan masing-masing kelompok memberi penyuluhan  tentang obat terhadap satu sekolah TK di sekitar kampus UII.

Lebih lanjut Tuti menjelaskan aktivitas edukasi dilakukan dengan cara bermain dan bergembira lewat dongeng, menyayi, menari, mewarnai yang disisipi pesan-pesan penggunaan obat yang benar. Para siswa sangat menikmati aktivitasnya dan diharapkan dapat mengingat empat pesan utamanya.

“Minum obat jika sakit, Minum obat harus didampingi orang tua, Jangan menerima obat dari orang yang tidak dikenal dan Obat bukan permen,” kata Tuti Purwaningsih di Yogyakarta, Jumat (28/9/2018).

Menurut Tuti, pendidikan yang berlangsung selama 60 hingga 90 menit ini mendapatkan apresiasi dari kepala sekolah, guru dan orang tua wali di sekolah siswa. Mereka berharap acara ini bisa terus dilanjutkan untuk periode selanjutnya agar siswa-siswa mempunyai bekal pengetahuan yang baik dalam penggunaan obat.

Kegiatan ini, kata Tuti, merupakan peringatan World Pharmacist Day yang jatuh pada Selasa (25/9/2018). Peringatan kali ini mengangkat tema ‘Pharmacist: Your Medicines Experts.’ Federasi Apoteker Internasional (FIP) mengajak seluruh apoteker dunia untuk melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan tema apoteker sebagai pakarnya obat.

About The Author

Reply