Trendi, Tas Stylist Multifungsi Karya Mahasiswa UII

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NETTrendi, Tas Stylist Multifungsi. Itulah nama karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII). Trendi, Tas Stylist Multifungsi ini karya Muhammad Iqbal Sabit, Adinda Khairunisa, Reno Dias Anggara Purba, Nuraditya Ahmad Fadilah dan Nazula Rukhiana Mukarromah.

Trendi, Tas Stylist Multifungsi merupakan karya yang berhasil memenangkan dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan tahun 2018. Trendi, Tas Stylist Multifungsi ini merupakan satu dari 92 proposal mahasiswa UII yang dibiayai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Trendi, Tas Stylist Multifungsi ini berhasil lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang digelar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Trendi, Tas Stylist Multifungsi merupakan produk fashion yang digandrungi khayalak ramai yang digunakan untuk membawa barang saat berpergian seperti saat ke sekolah, kerja atau traveling. Tim kami melihat peluang pasar dan melakukan inovasi dengan menghadirkan TRENDI, Tas Stylist Multifungsi (4 in 1) satu tas yang dapat ditransformasi menjadi 4 jenis tas yaitu menjadi tas tipe Backpack, Slingbag, Totebag dan Waistbag,” kata Iqbal di Kampus FTI Yogyakarta, Selasa (28/8/2018).

Iqbal menjelaskan ide membuat Trendi, Tas Stylist Multifungsi ini berdasarkan hasil survei. Kebanyakan orang memiliki lebih dari satu model tas dalam berkegiatan, sehingga diperlukan inovasi produk tas komersial yang multifungsi. Selain itu, fashion merupakan salah satu media yang strategis dalam sarana penyampai pesan motivasi dan memperkenalkan keanekaragaman kain tradisional di Indonesia.

Selain itu, terdapat kata pesan motivasi yang dapat dari pembeli. Tim kami melakukan perencanaan dan pengembangan lebih lanjut hingga ke tahap produksi untuk dikomersialkan. “Waktu produksi tasnya kita lakukan setiap bulan dengan kapasitas 50/bulan dengan harga jualnya Rp 100.000 untuk TRENDI ORIGINAL dan Rp 125.000 yang TRENDI ETHNIC,” kata Iqbal.

Tim yang dibimbing Ir. Ali Parkhan, M.T, Dosen Program Studi Teknik Industri FTI UII ini melakukan kerjasama dengan Anas Production sebagai partner dalam melakukan produksi tas yang berbahan baku kain parasut waterproof tersebut secara berkala. Selain itu juga kami menjalin kerja sama International Partnership dengan Allysia yang merupakan social enterprise dengan jalinan kerjasama dalam hal distribusi kepasar Internasional seperti Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar dan Malaysia.

“Ke depan kami terus akan mengembangkan dan berinovasi terhadap produk TRENDI dalam memperluas pangsa pasar dan menjadi produk yang mampu diterima dimasyarakat,” harap Iqbal.

About The Author

Reply