LPPM UWM Diseminasi Hasil Penelitian Dosen

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta mendesiminasi
23 hasil penelitian dosen, Kamis (16/8/2018). Desiminasi bertajuk ‘Seminar Hasil Penelitian’ tersebut dihadiri para dosen, reviewer dan ketua LPPM UWM.

Ketua LPPM UWM, Dr. Oktiva Anggraini, SIP, MSi mengatakan seminar hasil penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan hasil penelitian dosen kepada masyarakat. Sehingga seminar ini bisa menjadi kebanggaan dosen peneliti di lingkungan UWM.

“Penelitian dosen ini juga akan berdampak positif dalam upaya membesarkan kampus. Tahun ini LPPM UWM menerapkan standar penelitian dan penilaian sesuai ketentuan dikti yang di dalamnya terdapat tolok ukur untuk meningkatkan kualitas dan mutu penelitian,” kata Oktiva.

Wakil Rektor I, Dr Ir Ambar Rukmini, MP mengatakan hasil penelitian dosen UWM harus didesiminasikan pada konferensi nasional maupun internasional. Penelitian merupakan rangkaian nafas dosen dalam aktivitas dan kesibukan kesehariannya mengemban ketugasan profesi.

“Adanya reviewer diharapankan dapat memberikan koreksi kepada dosen bersangkutan untuk selanjutnya hasil penelitiannya dapat diusulkan ke Kemenristekdikti (Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi,red),” kata Ambar Rukmini yang juga reviewer internal.

Sementara Prof Dr Heru Kurnianto Tjahjono, SE, MM menyampaikan tentang pentingnya jenjang karir bagi dosen. Dosen harus mengerti secara mendalam tentang Tridharma. Dosen juga harus memahami kapasitas pribadinya sehingga mengetahui keunggulan dan keterbatasan. “Keterbatasan harus diolah agar tidak menghambat jenjang karir sebagai seorang dosen,” kata Heru.

Lebih lanjut Heru menegaskan, penelitian dosen harus mengeksplor fenomena-fenomena baru agar bisa menjadi trend centre. Penelitian akan memiliki impact bagi stakeholder untuk membenahi dan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat sekitar.

Tags:

About The Author

Reply