Kuliah Umum Energi Air untuk Pembangunan Berkelanjutan

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Salah satunya, menggelar seminar dan kuliah umum tentang ‘Energi Air untuk Pembangunan Berkelanjutan.’ Seminar yang digelar beberapa waktu lalu, menghadirkan nara sumber Masrur Alatas, ST, M.Eng, praktisi dan ahli di bidang Energi Air (Hydro Power) dan Mikrohidro.

Dijelaskan Humas UP 45, Febriyanti Angelia Ginting, SPd., MSc, nara sumber Masrur Alatas merupakan dosen Prodi Teknik Energi Institut Teknologi Yogyakarta (UTY). Sedang keynote speaker seminar dan kuliah umum Sigit Cahyono, ST., M.Eng. “Bapak Sigit merupakan Dosen Universitas Proklamasi 45 dan Tenaga Ahli DPR RI Komisi V bidang Energi Sumberdaya Mineral, Riset ;Teknologi dan Lingkungan Hidup,” kata Febriyanti di Yogyakarta, Rabu (25/7/2018).

Seminar yang dimoderatori M Noviansyah Aridito, SPd., MSc,dosen Prodi Teknik Lingkungan UP45 diikuti mahasiswa UP45 dan mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Pembangunan Negeri ‘Veteran’ (UPN), Institut Teknologi Yogyakarta (ITY), Institut Sains dan Teknologi Akprind.

Sigit Cahyono menyampaikan materi tentang Kapita Selekta Energi Baru Terbarukan, Kebijakan Energi Nasional, Rencana Umum Energi Nasional, dan aspek tantangan serta keberlanjutannya. Sedang Masrur Alatas menyampaikan kebijakan, potensi pengembangan energi air dan mikro hidro di Indonesia.

Selain itu, Masrur juga menyampaikan berbagai teknologi yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan mikrohidro, metode untuk menentukan potensi dan teknologi yang digunakan, aspek sosial dan aspek lingkungan serta dampak pada pembangunan berkelanjutan. “Peserta sangat antusias mengikuti seminar ini,” kata Febri yang menambahkan acara ini terselenggara atas kerjasama UP45 dan Charcoalcenter.org.

About The Author

Reply