UAA Raih Dana Penelitian Terbanyak se Kopertis V

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta meraih dana penelitian terbanyak se Kopertis V tahun 2018. UAA Yogyakarta menempati urutan pertama dari 70 perguruan tinggi swasta (PTS) yang mendapatkan dana penelitian. UAA Yogyakarta mendapat dana penelitian sebanyak 11 proposal

Demikian diungkapkan Bunga Astria Paramashanti SGz, MPH, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UAA kepada wartawan di Kampus Jalan Brawijaya No.99, Tamantirto, Kasihan, Kabupeten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, (DIY), Rabu (18/7/2018).

Dijelaskan Bunga, lima besar yang memperoleh dana penelitian Kopertis V adalah UAA mendapatkan 11 proposal, urutan kedua Universitas Respati dengan 10 proposal, Universitas Ahmad Dahlan sembilan proposal, Universitas Sanata Dharma delapan proposal, dan Stikes Jendral Ahmad Yani juga mendapatkan delapan proposal. “Prestasi ini baru pertama kali diraih UAA. Sangat membanggakan,” kata Bunga.

Lebih lanjut Bunga menjelaskan 11 proposal yang mendapatkan dana penelitian berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Hasil penelitian ini diharapkan tidak hanya berupa laporan penelian saja, namun bisa diimplementasikan pada pengabdian kepada masyarakat.

“Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Penelitian ini memiliki bobot 2 SKS (satuan kredit semester) dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Bunga.

Menurut Bunga, keberhasilan UAA memperoleh dana penelitian ini tidak lepas dari usaha kampus mendorong dan membimbing dosen untuk membuat proposal. Salah satunya, seluruh dosen UAA diwajibkan mengikuti workshop proposal yang dikemas dalam ‘Writing Clinic’ yang mengundang penulis dari luar Kampus UAA.

“Sebelum proposal dikirim ke Kopertis V, proposal diteliti Koordinator P2M UAA terlebih dahulu. Koordinator akan memberikan koreksi dan saran perbaikan. Setelah diperbaiki baru dikirim ke Kopertis V,” jelas Bunga.

Tahun 2018, Kopertis V memberikan bantuan dana penelitian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebanyak 200 proposal dari 70 PTS di Yogyakarta. Masing-masing proposal mendapat pendanaan sebesar Rp 5 juta

About The Author

Reply