UM Banjarmasin akan Buka Fakultas Agama Islam

BANJARMASIN, JOGPAPER.NET — Universitas Muhammadiyah Banjarmasin akan membuka Fakultas Agama Islam (FAI) dengan dua program studi yaitu Perbankan Syariah dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Saat ini, UM Banjarmasin sudah memiliki Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan.

Demikian dikatakan Rektor UM Banjaramasin Prof.Dr.H. Ahmad Khairuddin, M.Ag kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis (5/7/2018). Dua Prodi tersebut dinilai sangat relevan dan dibutuhkan masyarakat, khususnya pasar di Kalimantan.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan pendirian FAI ini mengiringi pengembangan dan pembangunan kampus utama UM Banjarmasin yang diresmikan tanggal 5 Mei 2018. Kampus Utama tersebut terletak di Jl. Gubernur H. Syarkawi, Lingkar Utara, Handil Bakti, Barito Kuala. “Saat ini UM Banjarmasin merupakan satu-satunyanya PT Muhammadiyah di Kalimantan Selatan. UM Banjarmasin memiliki 15 program studi dan satu Program Pascasarjana,” kata Khairuddin.

Peresmian Kampus Utama bersamaan dengan peletakan Batu Pertama Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Convention Center (UMBCC) & Peletakan Batu Pertama Masjid Ulul Albab.

Prof Khairuddin menambahkan bahwa Kampus Utama UM Banjarmasin berada di lahan 14 hektare dan mengusung tema Floating Campus. Keberadaan UM Banjarmasih akan menambah ikon banua Kalimantan Selatan yang terkenal di Banjarmasin dengan Floating Market.

Dijelaskan Khairuddin, sebagai perguruan tinggi yang telah eksis selama 22 tahun di Kalimantan Selatan dan mempunyai Visi Berkarakter Islam yang berkemajuan sudah selayaknya mempunyai prodi-prodi yang bernuansa Islam. Olah karena itu saat ini UM Banjarmasin sedang berproses pengajuan pembentukan Fakultas Agama Islam yang diawal akan terdiri atas dua program studi.

Khairuddin mengharapkan Prodi S1 Perbankkan Syariah & S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dapat segera dibuka pada tahun ajaran 2018-2019. Paling lambat pada tahun ajaran 20019-2020 mendatang.

About The Author

Reply