UWM – ICMI akan Gelar Sarasehan Radikalisme

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan menggelar sarasehan tentang radikalisme, di Bale Raos Restaurant, Kamis (7/6/2018). Sarasehan bertema ‘Antisipasi dan Mencegah Gerakan Terorisme: Apa yang Harus Dilakukan?’

Ketua Pelaksana, Ahmad Charris Zubair, sarasehan ini akan menghadirkan pembicara Prof Moh Mahfud MD; Rektor UWM, Prof Edy Suandi Hamid; Kapolda DIY, Ahmad Dofiri; Ketua ICMI DIY, Herry Zudianto, dan Prof Syafaatun Almirzanah dari UIN Sunan Kalijaga. Sarasehan yang hanya untuk 50 peserta ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih dalam mengatasi meluasnya faham radikalisme. Faham ini acapkali berkembang menjadi gerakan teror yang beberapa tahun ini kembali marak.

“Kita tidak lagi berbicara soal kutuk mmengutuk gerakan teror itu. Namun yang lebih penting adalah mengantisipasinya, dan jangan sampai gerakan itu meluas dan mengganggu stabilitas nasional,” ujar Charris.

Sementara Sekretaris pelaksana, Dr Jumadi menambahkan, sebagai kampus berbasis budaya, UWM perlu ikut peduli memecahkan masalah ini. Perlu ada upaya mengedukasi publik tentang bahaya radikalisme.

“Radikalisme yang bersifat negatif akan menimbulkan intoleransi, dan itu tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya kita yang merupakan bangsa toleran, saling memghormati, dan kekeluargaan,” kata Jumadi yang juga Wakil Rektor 3 UWM ini.

About The Author

Reply