Satmabhara UWM Mengikuti Diklatsar Periode I 2018

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Satuan Mahasiswa Bhayangkara (Satmabhara) Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta mengikuti Pendidikan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY). Diklatsar periode I tahun 2018 ini dibuka Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, MSi, di halaman Mapolda DIY, Jumat (11/5/2018).

Rektor Universitas Widya Mataram, Prof Dr. Edy Suandi Hamid, MEc menjelaskan tujuan dibentuknya Satmabhara agar mahasiswa Universitas Widya Mataram soft skills. Khususnya, dalam bidang kepemimpinan dan komunikasi sehingga bermanfaat dalam memperoleh kesempatan kerja nantinya setelah lulus.

Lebih lanjut Edy Suandi Hamid berharap mahasiswa yang ikut dalam Satmabhara diharapkan dapat berperan aktif sesuai dengan potensi yang dimilikinya dalam menjaga keamanan Kota Yogyakarta. “Peran mahasiswa dibutuhkan terutama dalam pembangunan, namun mahasiswa harus berprilaku sesuai nilai-nilai hukum dan norma masyarakat yang berlaku. Mahasiswa yang mempunyai soft skills yang baiklah yang dapat mewujudkannya,” kata Edy.

Sedang Kapolda DIY menyampaikan Polri menyadari pentingnya peran serta mahasiswa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Polda DIY ingin berpartisipasi dalam pembinaan karakter mahasiswa berupa soft skills bidang kepolisian, terutama untuk penanganan keamanan dan ketertiban serta tidak kejahatan lainnya. “Selain itu juga Kepolisian berusaha membangun sinergi dengan kampus yang diwujudkan dalam bentuk pembinaan mahasiswa yang tergabung dalam Satmabara,” kata Dofiri.

About The Author

Reply