FMIPA UII dan UNIPA Jalin Kerjasama

SLEMAN, JOGPAPER.NET — Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menjalin kerjasama. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Dekan FMIPA UII, Allwar PhD dan Dekan FMIPA Unipa, Hj Wara Pramesti MSi di Auditorium Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII Yogyakarta, Kamis (3/5/2018).

Dijelaskan Allwar, kerjasama FMIPA UII dan Unipa dimaksudkan untuk memajukan pendidikan, khususnya statistik. Ada beberapa program yang akan dikerjasamakan. Di antaranya, di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang data, matematika dan statistika. Penggunaan fasilitas bersama laboratorium dan instrumennya sesuai dengan kesepakatan detail yang dilakukan dan sesuai dengan kegiatan yang direncanakan. Pertemuan ilmiah, seminar, pelatihan dan publikasi.

“Hal yang menarik dalam kerjasama ini, saya menawarkan adanya pertukaran mahasiswa. Mahasiswa Unipa bisa kuliah di UII, atau mahasiswa UII kuliah di Unipa. Tentu tidak selama satu semester, tetapi bertujuan untuk mengetahui perkembangan kurikulum. Lama pertukaran mahasiswa kurang lebih satu bulan. Sehingga mahasiswa mengetahui kuliah di dua perguruan tinggi,” kata Allwar.

Selain itu, ujar Allwar, mengajak mahasiswa untuk mengunjungi laboratorium. Saat ini, laboratorium di FMIPA UII telah didesain tidak seperti laboratorium dengan banyak komputer. Tetapi ruangan laboratorium didesain seperti tempat bermain. Sedang mahasiswa membawa laptop masing-masing.

“Aura di dalam laboratorium tidak seperti mahasiswa praktikum. Tetapi mahasiswa berada di laboratorium menciptakan sesuatu. Hal ini sudah kita lakukan dari tahun yang lalu. Sehingga ketika mahasiswa masuk laboratorium, image mahasiswa membuat kreasi, bukan praktikum,” tandas Allwar.

Sedang Hj Wara Pramesti mengatakan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya semula IKIP PGRI Surabaya. Perubahan dari IKIP menjadi universitas terjadi pada tahun 1998. Saat berdiri ada Unipa memiliki empat program studi (Prodi) Biologi, Statistika, Teknik, dan Ekonomi. Fakultas MIPA Unipa memiliki dua Prodi yaitu Biologi dan Statistika.

“Kami menyambut baik kerjasama di bidang perkuliahan bersama. Mahasiswa Unipa mengikuti kuliah di UII. Demikian sebaliknya. Juga dosen UII mengajar di Unipa Surabaya dan dosen Unipa Surabaya mengajar di UII,” kata Wara.

About The Author

Reply