UGM Juara Umum di Regional III KRI 2018

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Tim Robot Universitas Gadjah Mada (UGM) keluar sebagai juara umum Regional III Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018  di Universitas PGRI Semarang, Senin – Rabu (16-18/4/2018). Keberhasilan ini mengantarkan tim robot UGM menuju KRI Nasional di Yogyakarta, Rabu – Sabtu (11-14/7/2018) mendatang.

Dijelaskan Manajer Gadjah Mada Robotic Team (GMRT), Dr. Rachmat Sriwijaya, UGM menjadi juara pada Tim Heroes Juara 1 Divisi KRAI, Tim Al Fatih Juara 2 Divisi KRPAI, Tim Fukuro Juara 3 Divisi KRSBI dan Tim Alfan Juara 3 Divisi KRSTI. “Seluruh tim baik teknis maupun manajemen. Tim teknis yang merancang dan mengoperasikan robot, sedangkan manajemen mendukung penyiapan peralatan robot dan pelaksanaan lomba,”kata Rachmat, Kamis (19/4/2018).

Lebih lanjut Rachmat Sriwijaya mengatakan pada kompetisi tersebut, tim robot UGM menurunkan empat nomor. Keempat nomor adalah Divisi Robot ABU Indonesia (KRAI), Divisi Robot Pemadam Api (KRPAI), Divisi Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI) dan Divisi Robot Tari (KRSTI). Keberhasilan tim UGM tidak lepas dari kekompakan seluruh tim yang terlibat, baik tim teknis maupun manajemen.

“Tim Teknis yang terlibat berasal dari Teknik Mesin FT, Teknik Elektro FT, Teknik Fisika FT, Teknik Elektro Sekolah Vokasi, Ilmu Komputer FMIPA, Elektronik dan Instrumentasi FMIPA,” kata Rachmat.

Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari sistem rekrumen anggota tim robotic UGM. Ia mengatakan proses rekrutmen dilakukan secara terbuka untuk semua departemen atau Prodi yang terkait dengan bidang robot. Meski demikian, masih dijumpai beberapa persoalan seperti komitmen waktu dari tim yang terlibat masih perlu ditingkatkan. “Perlu evaluasi robot terutama untuk perbaikan, pengembangan hingga pemanfaatan teknologi,” kata Rachmat.

Hasil lengkap KRI Regional III di Universitas PGRI Semarang sebagai berikut:

1. Kategori KRAI (ABU)

Juara 1: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
Juara 2: Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta
Juara 3: Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang

Harapan: Politeknik Negeri Banjarmasin
Penghargaan Desain terbaik: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Penghargaan Strategi Terbaik: UGM Yogyakarta

2. Kategori KRSBI Beroda

Juara 1: UNY
Juara 2: Univesitas Diponegoro (Undip) Semarang
Juara 3: UGM

Harapan: Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga
Penghargaan Desain Terbaik: UNY
Penghargaan Strategi Terbaik: UGM

3. Kategori KRPAI Berkaki

Juara 1: Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang
Juara 2: UGM
Juara 3: Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Harapan 1: UKSW Salatiga
Harapan 2: UNY

Penghargaan desain terbaik: Unisula
Penghargaan strategi terbaik: UGM

4. Kategori KRSTI

Juara 1: UAD Yogyakarta
Juara 2: UNY
Juara 3: UGM

Harapan: Universitas Semarang (USM)
Penghargaan Artistik Terbaik: UNY.

About The Author

Reply