PUT Unismuh Buka Baitul Arqam Tahfidz

MAKASSAR — Pendidikan Ulama Tarjih Universitas Muhammadiyah Makassar (PUT Unismuh) bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, membuka Baitul Arqam Tahfidz di Lembang, Desa Tanete, Kecamatan Roni, Ahad (4/2/2018). Pembukaan Baitul Arqam Tahfidz yang diperuntukan bagi siswa tingkat SD, dan SMP dilaksanakan di Mesjid Tanete dan dihadiri tokoh masyarakat serta warga setempat.

Ketua Cabang Muhammadiyah Bonggakaradeng, Muhammad Ansar mengatakan program ini menjadi rahmat bagi masyarakat umat Islam Bonggakaradeng. Selain itu, juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bonggakaradeng yang telah mendapat perhatian khusus dari Unismuh.

Selama empat tahun berjalan, lanjut Ansar, PUT Unismuh telah mengirimkan mahasiswa untuk mendampingi umat Islam baik dalam pendidikan dasar alquran, tajwid hingga kehidupan beribadah dan pembinaan toleransi umat beragama. Sedang pembukaan Baitul Arqam Tahfidz merupakan program Tanfidz Alquran yang akan membina anak tingkat SD dan SMP.

Program menghafal Alquran menargetkan 10 juz dalam kurun waktu satu tahun. Program ini dilakukan Tim pembina alumni PUT Unismuh Makassar yang diketuai kyai muda Muhammad Daniel SPd. Sedang tim beranggotakan mahasantri dari PUT Unismuh Makassar yang telah memiliki kemampuan menghafal Alquran 30 juz.

“Pelaksanaan program ini akan dilakukan setiap hari Sabtu dan Ahad di rumah Baitul Arqam Tahfidz yang dipersiapkan masyarakat dengan bekerjasama dengan pemerintah setempat,” kata Ansar.

Sementara HM Husni Yunus, sekretaris PUT Unismuh yang juga Wakil ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Muhammadiyah Sulsel mengharapkan dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas umat islam. Khususnya, untuk mempersiapkan anak-anak didaerah ini untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, baik tingkat SMA maupun perguruan tinggi.

Saat ini, kata Husni, pemerintah sangat memperhatikan pembinaan program pendidikan mental dan spiritual dengan pendekatan penguasaan kitab suci, khusus untuk ummat Islam kitab suci Alquran. Kemampuan ini juga bisa mempermudah siswa untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi.

“Hampir semua perguruan tinggi negeri dan swasta memberikan fasilitas bagi calon mahasiswa yang menguasai dan menghafal alquran dari 10 juz hingga 30 juz, berupa program beasiswa hingga selesai. Bahkan ada yang memberikan fasilitas untuk melanjutkan pendidikan lanjutan hingga program S3,” kata Husni.

Dalam acara tersebut PUT Unismuh menyerahkan wakaf Alquran sejumlah 500 mushab untuk dibagikan tiap masjid yang ada di daerah ini. Alquran ini diharapkan dapat membantu umat Islam untuk mempelajarinya.

About The Author

Reply