Saitama Companies Gelar Jobfair di Unsada

JAKARTA — Universitas Darma Persada (Unsada) bekerja sama dengan Persada dan Pemerintah Perfektur Saitama menyelenggarakan Japanese Career Expo di Kampus Unsada Jakarta, Jumat (19/1/2018). Expo Jobfair ini diikuti perusahaan Jepang di antaranya, PT. Bank Resona Perdania, PT. F. Tech Indonesia, PT. Kanepackage Indonesia, dan PT. Sannohashi Manufacturing Indonesia.

Rektor Unsada, Dr Dadang Solihin MA mengatakan jobfair ini merupakan kedua kalinya. “Adanya expo ini, diharapkan lulusan Unsada mengatahui jobfair ini dan bisa masuk ke perusahaan yang menggelar jobfair,” kata Dadang seusai membuka Jobfair di Kampus Unsada, Jumat (19/1/2018).

Dijelaskan Rektor Unsada, Persada, sebuah organisasi yang beranggotakan orang-orang lulusan dari perguruan tinggi di Jepang. Persada merupakan penghubung Unsada dengan perusahaan-perusahaan di Jepang.

Sedang Humas Unsada, Defrilina Saragih mengatakan salah satu perusahaan yang turut serta dalam jobfair tersebut adalah PT. Bank Resona Perdania. Perusahaan yang beralamat di Menara Mulia ini membuka lowongan untuk Staff Marketing dan Banking Administration Staff untuk ditempatkan di Kantor Pusat Jakarta.

“Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1958 di Indonesia tersebut tidak membatasi lulusan yang fasih berbahasa Jepang saja, namun lulusan yang fasih berbahasa Inggris memiliki kesempatan yang besar untuk ikut melamar di perusahaan ini,” kata Lina.

Selain itu, kata Lina, PT. F. Tech Indonesia yang berkantor pusat di kota Kuki, Saitama juga berpartisipasi dalam acara tersebut. Perusahaan yang memproduksi komponen kaki-kaki mobil sebagai produk utama tersebut membuka lowongan untuk bagian pemasaran dan teknik yang akan ditempatkan di Karawang. Kualifikasi yang diminta dari pelamar lebih diutamakan yang memiliki sertifikat JLPT N3 maupun N2.

PT. Kanepackage Indonesia turut memeriahkan job fair ini. Perusahaan yang berkantor pusat di kota Iruma, Saitama merancang kemasan dan menjual bahan pengemas sebagai produk utama. Perusahaan yang memiliki kantor di Cikarang ini membuka lowongan untuk bagian administrasi, pemasaran dan teknik. Kualifikasi untuk pelamar cukup mampu berbahasa Inggris dengan fasih dan berminat pada pekerjaan desain dan pengendalian mutu.

Terakhir, PT. Sannohashi Manufacturing Indonesia yang berkantor pusat di Karawang juga membuka booth dalam pameran ini. Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi baut dan komponen otomotif, komponen cold forging, dan precision machining, tersebut membuka lowongan untuk berbagai bidang seperti administrasi, pemasaran, penujalan, dan IT untuk ditempatkan di Karawang.

Pameran seperti ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada lulusan-lulusan Universitas Darma Persada terutama para fresh graduate untuk mendapatkan informasi mengenai kesempatan kerja di perusahaan-perusahaan Jepang baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di Jepang.

About The Author

Reply