UWM Perkuat Program Internship dengan Korea

YOGYAKARTA — Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menjalin kerjasama dengan dua perguruan tinggi Korea Selatan, Dong-A University dan Busan Foreign Student University, Rabu (17/01/2018). Penandatanganan naskah kerjasama dari UWM diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Humas dan Kerjasama Dr Jumadi, SE, MM. Sedang  Dong-A University diwakili Park Eun- Kyung, dan Busan Foreign Student University diwakili, Joo Young In.

Dijelaskan  Jumadi , kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan UWM Yogyakarta. Selama ini, UWM Yogyakarta telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi baik di dalam maupun di luar negeri.

Lebih lanjut Jumadi menjelaskan bidang kerjasama yang akan dibangun mencakup pertukaran mahasiswa (student exchange), pertukaran dosen dan internship. Untuk program internship, Dong-A University mengirimkan dua mahasiswa untuk mengikuti program tersebut di UWM. “Program ini telah dilaksanakan mulai tahun 2017 dan ini merupakan tahun kedua bagi Dong-A University,” kata Jumadi.

Jumadi (kanan) sedang menandatangani naskah kerjasama dengan perguruan tinggi Korea Selatan, di Yogyakarta, Rabu (17/1/2018). (foto : istimewa)

Sedang kerjasama dengan Busan University merupakan tahun pertama internship di UWM. Diharapkan pada tahun berikutnya UWM dapat mengirim student exchange dan internship ke universitas Korea tersebut. Sehingga kerjasama ini akan semakin bermanfaat bagi kedua belah pihak baik UWM maupun mitra kerjasama.

Kegiatan internship, kata Jumadi, akan dimulai pada tanggal 18 Januari 2018 sampai satu bulan kedepan. Kegiatan internship akan dilakukan di UWM dengan melibatkan civitas akademika. “Program ini diharapkan dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak,” katanya.

Program Internship, kata Jumadi, diharapkan dapat menjadi wadah dan kesempatan bagi mahasiswa UWM untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan mengenalkan kampus berbasis budayanya kepada mahasiswa asing. Di samping itu, bagi mahasiswa dari Korea juga mendapatkan manfaat mengenal UWM dan budaya Indonesia serta berkesempatan mentransformasikan wawasan tentang pendidikan, sosial, budaya Korea.

About The Author

Reply