Tim Farmasi UII Juara Debat di Pharmacious 2017

YOGYAKARTA — Tim Hero dari Program Studi Farmasi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) keluar sebagai juara Debat Nasional Kefarmasian , Sabtu (14/10/2017). Debat Nasional Kefarmasian yang diikuti 15 tim dari seluruh Indonesia merupakan rangkaian dari Pharmacious 2017 yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Kami tidak menyangka bakal menjadi juara pada Debat Nasional Kefarmasian ini. Sebab pada babak penyisihan lawannya cukup tangguh dan sudah berpengalaman. Namun Alhamdulillah, atas pertolongan Allah SWT kami bisa menjadi juara,” kata Zahrotun Nafiah, M Alfian Lutfi, dan Aldia Dwi Karina Ningrum kepada wartawan di Kampus FMIPA UII, Selasa (17/10/2017).

Dijelaskan Zahrotun Nafiah, pada babak penyisihan timnya bertemu Tim Batik FMIPAUII dan Tim Universitas Surabaya (Ubaya). Pada babak penyisihan Tim Hero mengumpulkan nilai satu kali menang atas Tim Batik UII dan satu kali kalah dari Tim Ubaya. Meskipun kalah satu kali, Tim Hero lolos maju ke babak perempat final.

Pada babak perempat final, Tim Hero UII bisa mengalahkan Tim Ubaya. “Pada babak perempat final ini ketemu lagi Tim Ubaya yang mengalahkan di babak penyisihan. Tetapi kita berusaha sekuat tenaga dan berdoa untuk mengalahkannya dan berhasil lolos maju ke babak semifinal,” katanya.

Pada babaksemifinal, Tim Hero UII berhasil mengalahkan Tim UMY. Selanjutnya, di babak final Tim Hero UII berhadapan dengan Tim Unair Surabaya. Akhirnya, Tim Hero UII dinyatakan sebagai pemenang pertama pada kompetisi ini. Sebagai juara Tim Hero UII berhak menerima hadiah uang, tropi dan piagam penghargaan.

Debat Nasional Kefarmasian ini merupakan ketujuh kalinya diadakan BEM KM Farmasi UGM. Debat yang dilaksanakan pertama kali tahun 2011 ini diharapkan dapat menjadi ajang tukar pendapat antar mahasiswa farmasi se-Indonesia.

About The Author

Reply