UGM Raih Social Media Award 2016

Perwakilan UGM bersama dengan penerima penghargaan social Media di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (19/10/2016). (foto : istimewa)

Perwakilan UGM bersama dengan penerima penghargaan social Media di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (19/10/2016). (foto : istimewa)

YOGYAKARTA — Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil mendapatkan Social Media Award 2016 untuk kategori universitas. Penghargaan ini dikeluarkan Majalah Marketing dan didukung Mediawave social media monitoring platform. Penghargaan diterima Sekretaris Eksekutif UGM, Drs Gugup Kismono MBA PhD di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr Iva Ariani SS MHum mengungkapkan rasa syukur atas diraihnya penghargaan ini. Kesuksesan ini mengulang tahun sebelumnya ketika UGM dinobatkan sebagai predikat terbaik Social Media Award 2015. Penghargaan Social Media Award 2016 menunjukkan masyarakat luas memberikan perhatian positif terhadap UGM.

“Harapannya ke depan UGM akan semakin bagus lagi dalam memanfaatkan media sosial sehingga akan berkontribusi lebih besar pada masyarakat. Distribusi ilmu pengetahuan maupun hasil riset UGM semoga akan makin optimal melalui media sosial,” kata Iva di ruang kerjanya, Kamis (20/10/2016).

Selama ini, kata Iva, UGM telah memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, LinkedIn, maupun LINE@ untuk menyebarluaskan berita dan informasi tentang UGM kepada masyarakat. Sampai saat ini, untuk Facebook UGM telah memiliki 350 ribu likes, twitter hampir 500 ribu, instagram sekitar 25 ribu likes.
“Dengan LINE@ yang terbaru kita gunakan maka informasi-informasi yang bermanfaat dari UGM akan semakin tersebar ke masyarakat,” ujarnya.

Perolehan UGM dalam Social Media Award 2016 ini diperoleh setelah MediaWave bersama majalah Marketing menganalisis dan mendapatkan daftar merek yang saat ini memiliki pangsa serta sentimen pembicaraan yang baik di social media. Indeks yang digunakan adalah hasil pengembangan dan modifikasi industri berdasarkan Social Influence Marketing Score (SIM Score) yang dikeluarkan oleh Razorfish. Indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index).

Penulis : Heri Purwata

About The Author

Reply