FST UNAIR Kembangkan Jurnal Berindeks Scopus

SURABAYA, JOGPAPER.NET — Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) sedang mengembangkan Jurnal Berindeks Scopus, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence (JISEBI). Saat ini JISEBI sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan pengakuan dari Clarivate dan Scopus.

Demikian dikatakan Indra Raharjana, kepala editor JISEBI kepada wartawan di Kampus FST UNAIR, Kamis (16/5/2019). Saat ini, JISEBI telah banyak memiliki pengakuan dari berbagai lembaga indeksasi jurnal internasional seperti DOAJ (Directory of Open Access Journal), Indonesian Scientific Journal Database, dan Microsoft Academic.

Lebih lanjut Indra Raharjana mengatakan untuk mendapatkan pengakuan dari Clarivate dan Scopus tidak mudah. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya, JISEBI tidak boleh terlambat dalam menerbitkan setiap edisi.

Selain itu, kata Indra Raharjana, harus selalu ada reviewer dari luar negeri yang bersedia untuk menyeleksi manuskrip yang akan dimuat. Setiap edisi juga harus memiliki artikel yang ditulis oleh peneliti dari berbagai universitas di luar negeri. “Semakin beragam penulisnya, semakin bagus”, tutur Indra.

Indra menandaskan, JISEBI memiliki standar tinggi dalam menyeleksi artikel yang akan dipublikasikan. Salah satu syaratnya, adalah artikel tersebut memberikan kontribusi yang signifikan di bidang perkembangan sistem informasi yang dapat memberi kenyamanan dan keamanan data masyarakat.

Sementara Wakil Dekan III FST UNAIR, Dr Nanik Siti Aminah, M.Si mengatakan UNAIR memiliki target untuk menjadi World Class University. Karena itu, perlu membangun reputasi, jejaring, dan daya saing bangsa, terutama dari validasi internasional.

“UNAIR memiliki target untuk menduduki peringkat 500 universitas terbaik di dunia. Jadi UNAIR perlu banyak bersinergi dengan fakultas-fakultasnya terutama dalam hal publikasi internasional,” tandas Nanik.

Penulis : Fitria Zahrina

About The Author

Reply